Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA)
Vol.4, No.2 (2023): Desember 2023

Pengaruh media sosial dan kualitas layanan dalam membentuk motivasi membeli pemakai jasa terhadap pengambilan keputusan memakai jasa (studi pada UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi)

Mohammad Fikri Zamahsari (Universitas Islam Malang)
Hadi Sunaryo (Universitas Islam Malang)
Pardiman (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan, media sosial, motivasi membeli, dan pengambilan keputusan memakai jasa serta pengaruh kualitas layanan dan media sosial terhadap pengambilan keputusan memakai jasa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi membeli sebagai variabel intervening UD. Sampoerna Wedding, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dari jumlah sampel 112 orang pengguna jasa dan calon pengguna jasa UD. Sampoerna Wedding. Alat analisis data yang digunakan adalan analisis Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan aplikasi PLS versi 3.0. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi, sedangkan media sosial tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi dan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap motivasi membeli UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi, media sosial berpengaruh terhadap motivasi membeli UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi, motivasi membeli berpengaruh terhadap pengambilan keputusan UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi, adapaun motivasi membeli mampu memediasi media sosial terhadap pengambilan keputusan akan tetapi motivasi membeli tidak mampu memediasi kualitas layanan terhadap pengambilan keputusan pada UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-mae

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi Jurnal Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) adalah untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang manajemen, akuntansi, dan bisnis kewirausahaan. Jurnal E-BISMA mempunyai e-ISSN (2774-8804) dan p-ISSN ...