cover
Contact Name
Antonius Satria Hadi
Contact Email
antonius_satria@widyamataram.ac.id
Phone
+6285643200962
Journal Mail Official
jmaefe.uwm@gmail.com
Editorial Address
Universitas Widya Mataram KT III/237, Jalan nDalem Mangkubumen, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta 55132 Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA)
ISSN : 27748790     EISSN : 27748804     DOI : https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2
Tujuan dari publikasi Jurnal Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) adalah untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang manajemen, akuntansi, dan bisnis kewirausahaan. Jurnal E-BISMA mempunyai e-ISSN (2774-8804) dan p-ISSN (2774-8790) yang berfokus pada masalah utama dalam pengembangan isu-isu terkait ilmu manajemen, akuntansi, bisnis kewirausahaan.
Articles 45 Documents
Pengaruh profitabilitas, firm size, dan good corporate governance untuk menguji manajemen laba Angin, Sheli Marselina Br Perangin
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i1.216

Abstract

This study was conducted with aim of analyzing the affect of Profitability, Firm Size, Independent Board of Commissioners and Audit Committee used to test earning management. The oil and gas sub-sector company listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015-2019 were the population of this study. The method used is purposive sampling. The Sample of study used by 8 companies. This type of research is quantitative with secondary data sources. The analytical technique used is multiple linear regression analysis. Data processed on SPSS program version 23.0. The results of this study showed that profitability has a significant positive effect on earning management in oil and gas sub-sector companies. Firm size has a significant positive effect on earning management in oil and gas sub-sector companies. The independent board of commissioners has no significant impact on earning management in oil and gas sub-sector companies. The audit committee has no effect on earning management in oil and gas sub-sector companies.
Pengaruh faktor budaya, faktor social, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian Hudani, Amalina
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.195

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh faktor budaya, faktor sosial, dan faktor probadi terhadap keputusan pembelian Rokok Sampoerna Mild. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau mengkonsumsi rokok Sampoerna Mild di Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang membeli atau mengkonsumsi rokok Sampoerna Mild di Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Metode penelitian analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan regresi berganda, uji t, uji R2. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor budaya (X1) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel faktor sosial (X2) tidak mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara variabel faktor pribadi (X3) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada Safitri, Arini Nur
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i1.212

Abstract

This study aims to examine the effect of brand image, perceived price, and service quality on repurchasing interest in lazada. Respondents in this study were Lazada users in the students of the Faculty of Economics, Sarjanawiyata Tamansiswa University in Yogyakarta. The analysis instruments in this study were data quality test, classical assumption, multiple linear regression, t test, F test, and coefficient of determination. This study shows that brand image has a positive and significant influence on repurchase interest, and service quality has a significant positive effect on repurchase interest. Other results from this study indicate that the perception of prices has a negative influence on repurchasing interest.
Analisa penilaian tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam “Kartini” Kaliurang Pakem, Sleman, Yogyakarta Saputro, Dwie Yulieanto; Mujino, Mujino
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.191

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam “Kartini” Kaliurang pada tahun 2015 sampai 2017 dilihat dari Aspek Permodalan, Aspek Kualitas Aktiva Produktif, Aspek Manajemen, Aspek Efisiensi, Aspek Likuiditas, Aspek Kemandirian dan Pertumbuhan, Aspek Jatidiri Koperasi. Jenis penelitian ini yaitu DeskriptifKuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam “Kartini” Kaliurang. Obyek yang digunakan dalam penelitian iniadalah Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam “Kartini” Kaliurang, tahun 2015 sampai dengan tahun 2017. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui teknik dokumentasi.Hasil penilaian tingkat kesehatan KoperasiSimpanPinjam “Kartini” Kaliurangtahun 2015 berada pada tingkat Cukup Sehat, tahun 2016 berada pada tingkat Cukup Sehat, tahun 2017 berada pada tingkatan Cukup Sehat.
Pengaruh profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI 2013-2017 Ariyanto, Ariyanto
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i1.213

Abstract

The purpose of this study is to describe (1) the effect of profitability, asset structure and company size on capital structure simultaneously, (2) Effect of profitability on capital structure, (3) Effect of asset structure towards capital structure, (4) Effect of firm size on capital structure. This research belongs to the type of correlational research. The population in this study is the Property and Real Estate Services Company listed on the Stock Exchange in 2013-2017 which has a total assets of at least 10 trillion. To determine the sample, researchers use financial statement data. The research sample was obtained from financial data found at www.idx.com. The research population was 8 companies in 5 periods. The data analysis technique used is the classic assumption test, multiple regression test, simultaneous F test, t test and determination test.
Pengaruh earning per share dan price earning ratio terhadap return saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening Asrini, Enggar Dwi
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.196

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari earnings per share dan price earning ratio terhadap return saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening, dalam perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017 sebanyak 17 perusahaan. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 9 perusahaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER), serta variabel terikat adalah return saham. Variabel intervening dalam penelitian ini adalah kebijakan dividen melalui Divided Payout Ratio (DPR). Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa EPS mempunyai efek positif terhadap return saham, PER mempunyai efek positif dan signifikan terhadap return saham, EPS mempunyai efek positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR), PER mempunyai efek positif terhadap DPR, dan DPR mempunyai efek positif dan signifikan terhadap return saham.
Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard Apriliani, Dwi; Baqiyyatus S, Nikmah; Febila, Rizka; Sanjaya, Vicky F.
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i1.214

Abstract

This research was conducted to determine the effect of satisfaction, brand image and trust on customer loyalty at member cards. This research method uses questionnaire data collection techniques with the respondent data of 100 people. The process of distributing questionnaires to respondents was carried out online and publicly. This type of research sampling technique used in this study is purposive sampling. Meanwhile, to test the data using validity and reliability tests. In testing the validity using the validity of the construction. This research was analyzed with the help of the smart PLS program. The results of the analysis obtained show that the customer satisfaction variable has a positive and significant effect on customer loyalty at member cards. Meanwhile, brand image has a negative and insignificant effect on customer loyalty to member cards and the variable customer trust also has a negative and insignificant effect on customer loyalty to member cards.
Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal terhadap deviden payout ratio Ara’Afi, Hany Nurwahyu Muslimah
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.193

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji (1) analisis profitabilitas terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. (2) pengaruh likuiditas terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. (3) pengaruh struktur modal terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. Sampel pada penelitian ini adalah 11 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk menentukan variabel bebas yang berpengaruh pada variabel terikat. Hasil menunjukkan bahwa (1) profitabilias tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio; (2) likuiditas tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio; (3) struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap dividend payout ratio; (4) profitabilias, likuiditas, dan struktur modal bersama-sama mempengaruhi dividend payout ratio.
Pengaruh net profit margin (NPM) dan earning per share (EPS) terhadap return saham dengan struktur modal sebagai variabel intervening Yuningsih, Vini
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i1.215

Abstract

This research belongs to the type of correlational research. The population in this study is the Property & Real Estate Services Company listed on the Stock Exchange in 2013-2017 which has a total assets of at least 10 trillion. To determine the sample, researchers use financial statement data. The research sample was obtained from financial data found at www.idx.com. The sample members used 7 companies in 5 periods. The data analysis technique used is data quality test, classic assumption test, multiple regression test, t test, determination test and path analysis test.
Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variable intervening Aini, Tika Nur
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.194

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen di Yogyakarta). Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan, kepercayaan, kepuasan pelanggan, dan komitmen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen JNE Yogyakarta yang tidak diketahui jumlahnya. Maka sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang diperoleh dari rumus, dengan metode purposive sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sementara teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda didukung dengan uji t, uji F, R2, dan uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji sobel.