Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
Vol. 6 No. 1 (2020): APRIL 2020

Kaji Eksperimental Perubahan Air Fuel Ratio Terhadap Daya dan Torsi Motor Otto HONDA L15A7

Hengky Wiratama Hartanto (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
Christian Jauhari (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
Isdaryanto Iskandar (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2020

Abstract

Untuk mendapatkan daya dan torsi maksimum dapat dilakukan dengan melakukan pengaturan Air Fuel Ratio (AFR) menjadi campuran bahan bakar kaya. Pengaturan dilakukan dengan cara mengubah variabel AFR dengan bantuan piggyback yang diletakkan di depan ECM standar untuk memanipulasi sinyal yang dikirim ke aktuator. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mobil Honda jazz GE8 berkode mesin L15A7 diatas mesin dinamometer. Pengaturan Air Fuel Ratio dilakukan dengan variabel 14,7:1, 13,965:1, 13,23:1, 12,495:1 dan 12,201:1. Dari hasil pengujian didapatkan daya dan torsi maksimum pada pengaturan variabel AFR 12,495:1, kenaikandaya sebesar 10,07% dan kenaikan torsi sebesar 8,24% dibandingkan dengan variabel AFR 14,7:1.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cylinder

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Cylinder: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin is an open-access peer reviewed journal that aims to publish original articles on research and development in the field of engineering and applied science. Topics of interest include, but are not limited to: - Renewable Energy & Thermofluids - Material & ...