cover
Contact Name
Christiand
Contact Email
cylinder@atmajaya.ac.id
Phone
=6287784604672
Journal Mail Official
cylinder@atmajaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Cisauk, Sampora, Kec. Cisauk, Tangerang, Banten 15345
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : 2252925X     EISSN : 30469821     DOI : https://doi.org/10.25170/cylinder
Cylinder: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin is an open-access peer reviewed journal that aims to publish original articles on research and development in the field of engineering and applied science. Topics of interest include, but are not limited to: - Renewable Energy & Thermofluids - Material & Manufacturing - Mechatronics, Robotics, & Optoelectronics - Mechanical Design & Mechanism - Industrial Engineering & Ergonomics - Automotive Engineering - Environmental Engineering
Articles 77 Documents
PENGUKURAN EFISIENSI VOLUMETRIK DENGAN MENGGUNAKAN BANGKU UJI MESIN MOTOR BENSIN BERBASIS FUEL INJECTION Persisco, Septhio Trifosa; Sinaga, Makdin; Arbiyani, Filian; Christiand, Christiand; Soewono, Arka Dwinanda
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 8 No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25170/cylinder.v8i1.3905

Abstract

Hampir semua kendaraan baru pada saat ini menggunakan sistem distribusi bahan bakar berbasis sistem fuel injection. Keunggulan utama dari fuel injection adalah kemampuan untuk menyemprotkan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan secara akurat ke dalam ruang bakar dengan bantuan Electronic Control Unit (ECU) untuk mengatur sistem tersebut. Oleh sebab itu, mesin dengan menggunakan fuel injection system secara teori mengalami peningkatan efisiensi. Di penelitian ini, sebuah alat bangku uji (test bench) berbasis mesin motor empat-langkah dengan system bahan bakar injeksi telah sukses dirancang dan dibangun. Studi eksperimental dengan alat bangku uji dilaksanakan untuk mengukur untuk efisiensi volumetrik dan engine power loss dalam kondisi tanpa beban. Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui bahwa efisiensi volumetrik dari mesin sebesar 61,7% pada saat throttle sepenuhnya dibuka. Selain itu, putaran mesin juga merupakan faktor yang mempengaruhi efisiensi volumetrik dari mesin di mana peningkatan putaran mesin akan menghasilkan penurunan efisiensi volumetric. Lebih jauh lagi, Engine Power Losses (EPL) semakin meningkat seiring dengan peningkatan putaran mesin dengan nilai power loss tertinggi yang dihasilkan mesin sebesar 3,4 J/s pada putaran mesin 8000 RPM yang disebabkan oleh gabungan friction loss dan pumping loss.
KAJI EKSPERIMEN PEMANFAATAN KALOR TERBUANG PADA AIR CONDITIONER (AC) TIPE SPLIT UNTUK MEMANASKAN AIR Gunawan, Harjadi; Soewono, Arka; Wirahadi, Prabowo; Christiand, Christiand; Hadiyatno, Tri
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 8 No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25170/cylinder.v8i1.3906

Abstract

Air Conditioner pada umumnya digunakan sebagai pengkondisian udara di dalam ruangan agar mendapatkan kenyamanan termal. Pada sistem Air Conditioner (AC) ada kalor yang dibuang ke lingkungan pada saat refrigerant berada di kondensor tanpa dimanfaatkan. Mempertimbangkan bahwa energi panas yang terbuang di kondenser ini cukup besar, kaji eksperimental dilakukan untuk mengukur efek penggunaan kalor terbuang ini untuk memanaskan air dengan cara menambahkan Heat Exchanger (HE) pada bagian kondensor AC tipe split berukuran ¾ pk dalam meningkatkan kinerja Air Conditioner. Pengujian sistem AC dilakukan selama 60 menit untuk mendinginkan ruangan berukuran 3 m x 5 m hingga temerature di dalamnya mencapai 25,2oC. Dari hasil pengukuran didapatkan rata-rata Coefficient of Performance (COP) untuk AC yang dilengkapi dengan Heat Exchanger adalah 5,99, sedangkan untuk AC standar diperoleh nilai COP rata-rata sebesar 4,98. Hal ini berarti penambahan Heat Exchanger pada AC split dapat menghasilkan peningkatan COP sebesar 20,32%. AC dengan Heat Exchanger juga dapat memghasilkan air hangat dengan temperatur 45,9° C dalam waktu 60 menit.
ANALISIS LAJU ALIRAN PADA NOZZLE PRINTER TIGA DIMENSI UNTUK MATERIAL THERMOPLASTIC POLYURETHANE Dylan, Mateus; Soewono, Arka; Darmawan, Marten
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 8 No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25170/cylinder.v8i1.3907

Abstract

Penggunaan Printer 3D saat ini sudah semakin luas dan banyak macam bentuk yang dapat dibuat karena sistem layer-by-layer. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran laju aliran volumetrik (debit) menggunakan material Thermoplastic Polyurethane (TPU) sebagai filamen printer 3D. TPU memiliki karakteristik material yang elastis. Pada eksperimen, dapat dibuktikan bahwa fluida TPU memiliki sifat non-newtonian, yaitu shear-thinning karena semakin besar temperatur dan kecepatan input yang diberikan pada fluida menyebabkan peningkatan debit outlet. Pengukuran laju aliran volumetrik (debit) fluida ditujukan agar dapat diketahui pengaruh viskositas fluida terhadap kestabilan debit aliran. Data hasil eksperimen dibandingkan dengan data hasil simulasi menggunakan perangkat lunak ANSYS Fluent 17.2. Data hasil simulasi belum dapat menunjukkan pengaruh viskositas terhadap debit aliran diakibatkan data yang dimasukkan pada perangkat lunak hanya berdasarkan dari jurnal dan lembaran data spesifikasi produk pabrik tertentu.
METODE UJI DISOLVED GAS ANALYSIS METODE ROGERS RATIO DENGAN SIMULASI MATLAB Kartadinata, V. Budi; Putera, Michael Deni Perdana; Wahju, Marsellinus Bachtiar; Bachri, Karel Octavianus
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 8 No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25170/cylinder.v8i1.3909

Abstract

Transformator atau Trafo adalah sebuah alat listrik statis yang berfungsi mentranfromasikan level tegangan dari tinggi ke rendah atau sebaliknya. Trafo dapat mengubah tegangan arus bolak-balik. Trafo sangat penting dalam kelangsungan listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Kinerja Trafo harus semaksimal mungkin karena memiliki peranan vital pada pembangkitan listrik. Trafo yang kerja terus menerus jika sudah bertahun-tahun pasti kualitas dari Trafo akan menurun dan jika dibiarkan bisa menjadi rusak. Maka dari itu diperlukan perawatan dan pemeliharaan secara berkala serta penerapan pengujian pada trafo sehingga kinerjanya stabil. Ada beberapa metode yaitu: Tan Delta, DFR, Insulation Resistance, Polarity Index, Winding Resistance, Turn Ratio, DGA, Furan Test, Degree Polymerization, SFRA, Insulation Resistance Tester. Furan Test atau tes kertas isolator pada transformator. Dari cara tersebut, dapat diketahui apa yang harus dilakukan terhadap trafo tersebut, seperti memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensimulasikan jumlah gas dan kesalahan pada trafo dari kandungan gas yang didapat, dengan metode Rogers Ratio. Simulasi ini menggunakan aplikasi bernama MATLAB 2020. Jumlah gas yang berupa angka dari 0 sampai 5 dari 6 macam gas akan menampilkan beberapa macam fault dari Transformator. Pada simulasi ini akan menunjukan fault dari transformator dari jumlah gas yang didapat.
UPAYA PERBAIKAN SISTEM MONITORING PERSEDIAAN DENGAN PERANCANGAN ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD) SEBAGAI DASAR PERANCANGAN STUDI KASUS DI UD "X" Bachtiar, Marsellinus; Alvinson, Gregorius; Bachri, Karel Octavianus
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 8 No 1 (2022): APRIL 2022
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25170/cylinder.v8i1.3910

Abstract

Pada era Industry 4.0, perusahaan sudah menerapkan analisa perancangan sistem informasi, karena teknologi informasi ini merupakan salah satu teknologi yang tentunya berkembang sampai saat ini. Penggunaan data dalam praktek bisnis perusahaan merupakan suatu persyaratan – terutama pengelolaan persediaan bagi perusahaan dagang atau perusahaan manufaktur. Tujuan dari penulisan paper ini adalah perancangan pondasi untuk pengelolaan data persediaan. Tujuan akhir nya adalah adanya system informasi yang mampu mengintegrasikan berbagai proses bisnis di UD.X – sebagai UKMM sehingga dapat beroperasi secara efisien. Permasalahan saat ini adalah adanya kesalahan pencatatan yang berakibat pada kesulitan monitoring persediaan secara akurat. Pencatatan yang masih menggunakan system manual memunculkan potensi inefisiensi pelaporan , dari sisi waktu , akurasi dan validasi. Perancangan system menggunakan metodologi SDLC (System Development Life Cycle). Dalam perancangan system database digunakan ERD (Entity Relationship Diagram). Hasil dari perancangan adalah sampai dengan perancangan ERD sebagai landasan system database untuk mendukung sistem informasi persediaan.
Perancangan dan Implementasi Wiper Otomatis pada Helm Berbasis Mikrokontroler Bunardi, Marcelinus Eric; Bachri, Karel Octavianus
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 8 No 2 (2022): OKTOBER 2022
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25170/cylinder.v8i2.3937

Abstract

Seiring perkembangan zaman, jumlah penduduk Indonesia terus meningkat dan berpengaruh pada persaingan hidup terutama di kota-kota besar. Mayoritas masyarakat Indonesia memilih sepeda motor sebagai moda transportasi utama dalam beraktivitas sehari-hari. Namun menurut KORLANTAS POLRI, sepeda motor adalah jenis kendaraan bermotor yang memiliki angka kecelakaan paling tinggi dari jenis kendaraan lainnya sebanyak 5.309 kecelakaan selama dua triwulan terakhir di seluruh Indonesia yang salah satu faktor penyebabnya adalah visibilitas yang semakin rendah akibat hujan. Dengan adanya wiper yang ditempatkan pada kaca helm, hal ini akan meminimalisir potensi kecelakaan pengguna sepeda motor akibat faktor visibilitas ketika berkendara saat hujan. Implementasi wiper ini menggunakan sensor hujan yang dihubungkan dengan mikrokontroler Arduino Nano sehingga memungkinkan untuk bekerja secara otomatis hanya ketika cuaca hujan. Ketika cuaca cerah pengendara sepeda motor pasti selalu terpapar oleh sinar matahari, sehingga wiper ini memanfaatkan energi terbarukan dari sinar matahari untuk digunakan sebagai pengisi daya baterai yang digunakan sebagai sumber daya pada wiper. Pengujian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pengujian perangkat keras yang meliputi pengujian pengisian daya dan penggerak wiper, pengujian perangkat lunak, dan pengujian keseluruhan. Dari hasil pengujian dapat diperoleh bahwa sistem dapat bekerja dengan baik untuk mendeteksi cuaca hujan secara otomatis maupun proses pengisian daya.
ANALISIS PENGARUH PROSES PERENCANAAN DAN PERANCANGAN DESAIN TERHADAP KEGAGALAN KOMPONEN HASIL PRODUKSI DI PT “X” DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS Gunawan, Harjadi; Mariano, Benedicktus; Soewono, Arka Dwinanda; Christiand, Christiand
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 8 No 2 (2022): OKTOBER 2022
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25170/cylinder.v8i2.3964

Abstract

Industri manufaktur memegang peranan penting dalam proses mengolah bahan mentah menjadi produk jadi. Dalam praktiknya, proses perencanaan dan perancangan desain yang merupakan tahapan awal pada proses manufaktur merupakan faktor penentu dalam menunjang hasil produksi yang berkualitas dari segi spesifikasi dan fungsi. Akan tetapi, masih ada permasalah di manan pada tahapan Quality Control ditemukan adanaya kecacatan pada sejumlah komponen hasil produksi. Oleh sebab itu, studi kasus ini dilakukan untuk melakukan analisis penyebab cacat produk untuk komponen chuck dengan menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) sebagai upaya pengendalian produk gagal untuk mengkaji pengaruh tahapan perencanaan dan perancangan desain terhadap kualitas hasil permesinan. Pengumpulan dan pengolahan data penelitian kuantitatif dalam wujud check sheet dilakukan untuk membuat diagram pohon akar penyebab kesalahan (Fault Tree Analysis). Dari hasil Fault Tree Analysis ditemukan bahwa faktor kesalahan manusia, adalah penyebab utama atas cacat pada komponen Jigs yang diproduksi. Solusi dari Fault Tree Analysis dipakai untuk meningkatkan alur kerja dan produktivitas sistem manufaktur yang telah berlaku di lapangan.
Fenomena Korosi Antarmuka Sekrup pada Dynamic Compression Plate dan Locking Compression Plate untuk Restrukturisasi Tulang Yudo Kaneshiro; Pritadewi Basoeki; Monica Adisuhanto
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 7 No. 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekrup yang dipasangkan pada pelat implan, baik Dynamic Compression Plate (DCP) dan Locking Compression Plate (LCP) berfungsi untuk menyambungkan bagian tulang yang patah dalam tubuh manusia. Implan terbuat dari material Stainless Steel 316L yang ditanamkan pada tubuh manusia dalam jangka waktu yang cukup panjang, yang berpotensi akan terkorosi baik pada sekrup maupun pelat. Pengujian korosi dilakukan dengan metode polarisasi menggunakan media korosif berupa larutan NaCl 0,9%. Metalografi dilakukan untuk mengetahui fenomena korosi yang terjadi pada permukaan spesimen dan uji keras mikro Vickers dilakukan dalam penelitian ini untuk menguji kekerasan spesimen sebelum dan sesudah terkorosi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa sekrup LCP yang dipasangkan pada pelat LCP mempunyai nilai laju korosi dan luas daerah yang lebih kecil dibandingkan dengan sekrup DCP yang dipasangkan pelat DCP. Hasil pengujian kekerasan pada pelat DCP sebelum dan sesudah terkorosi mempunyai nilai kekerasan yang berbeda cukup signifikan sedangkan pelat LCP nilai kekerasan sebelum dan sesudah terkorosi relatif sama. Pada sekrup DCP yang dipasangkan pelat DCP terjadi Pitting Corrosion, Crevice Corrosion, dan SCC (Stress Corrosion Cracking) yang menimbulkan retak mikro, sedangkan sekrup LCP yang dipasangkan pelat LCP terjadi Pitting Corrosion, dan Crevice Corrosion namun tidak menimbulkan retak mikro.
Rancang Bangun Sistem Informasi Posisi Untuk Robot Beroda Berbasis Rotary Encoder dan GPS Receiver Charisma Bathara Dewa; Christiand Christiand; Arka Dwinanda Soewono; Marten Darmawan
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 7 No. 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pengoperasian mobile robot (robot beroda), informasi terkait posisi dari sebuah robot yang sedang dioperasikan merupakan hal yang sangat penting. Informasi posisi robot diperlukan untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada robot. Salah satu contoh tugas dari sebuah robot adalah melakukan patroli keamanan pada area terbuka yang telah ditentukan dengan cara berkeliling atau berpindah tempat dari suatu posisi ke posisi lain. Untuk tujuan tersebut, informasi terkait posisi robot bisa didapatkan dari penggunaan beberapa sensor posisi yang diintegrasikan ke dalam sistem robot. Pada kerja penelitian ini telah dikembangkan sebuah sistem informasi posisi yang ditujukan untuk mobile robot pada ruang terbuka dengan berbasis sensor rotary encoder dan GPS (Global Positioning System). Melalui kerja penelitian ini dapat diketahui bahwa kombinasi sensor rotary encoder dengan GPS dapat digunakan untuk mendapatkan informasi posisi robot dengan hasil error 1,46 m pada arah sumbu x dan 1,54 m pada arah sumbu y untuk sensor rotary encoder, sedangkan untuk GPS receiver error 1,15 m pada arah sumbu x dan 1,23 m pada arah sumbu y dari koordinat ruang kerja.
Matrix Pressure Sensor untuk Mengamati Genggaman Tangan pada Objek Silinder Andrew Febrian Miyata; Lanny Agustine; Hartono Pranjoto
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 7 No. 2 (2021): OKTOBER 2021
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matrix pressure sensor dapat digunakan untuk membaca kekuatan genggaman pada berbagai objek. Objek yang akan diamati saat ini adalah objek silinder dengan diameter 7 cm dan 12 cm. Hasil pembacaan sensor kemudian diubah dalam bentuk heatmap untuk mempermudah analisis dan dilakukan peningkatan resolusi agar heatmap yang dihasilkan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran objek dengan kemampuan genggaman dengan cara membaca dan menganalisis tekanan pada objek. Dengan demikian didapat hasil yang bersifat objektif dan saintis. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk mendesain barang yang dibawa dengan cara digenggam. Salah satunya botol minum dengan menggunakan ukuran yang sesuai dan bentuk yang meningkatkan cengkeraman pada bagian tangan yang memiliki tekanan tinggi. Dari data yang didapatkan tekanan berpusat di area ujung jari, oleh karena itu untuk mendesain botol minum yang tidak mudah jatuh perlu mendesain pada bagian tengah botol menyerupai kontur jari, sehingga dapat meningkatkan luas area genggaman.