JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT EXCEL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR

Neneng Rachmawati (SMK Negeri 1 Rangkasbitung)
Sholeh Hidayat (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media Microsoft Excel dan media pencatatan akuntansi manual, (2) perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah, (3) pengaruh interaksi antara peserta didik yang menggunakan media Microsoft Excel dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik, (4) perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan Microsoft Excel dan media pencatatan akuntansi manual peserta didik yang memiliki kemandirian tinggi, (5) perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media Microsoft Excel dan media pencatatan akuntansi manual pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah, (6) perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media Microsoft Excel pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah. 7. Perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media pencatatan akuntasi manual pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain factorial 2x2. Jumlah sampel dari penelitian ini berjumlah 80 peserta didik yang diambil dari kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Rangkasbitung.Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini pada bulan April 2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media micsrosoft excel dan media pencatatan akuntansi manual. (2)  terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah. (3) terdapat pengaruh interaksi antara peserta didik yang menggunakan media microsoft excel dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik. (4) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan microsoft excel dan media pencatatan akuntansi manual peserta didik yang memiliki kemandirian tinggi. (5) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media micsrosoft excel dan media pencatatan akuntansi manual pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah. (6) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media microsoft excel pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah. (7) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media pencatatan akuntasi manual pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah. Kata kunci : micsrosoft excel, kemandirian belajar, akuntansi

Copyrights © 2017