JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN TATA BAHASA DAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS RECOUNT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP

Dana Sudarjat (SMP Negeri 6 Maja)
Sholeh Hidayat (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1). Penguasaan tata bahasa Inggris dengan kemampuan menulis teks recount. (2). Penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan kemampuan menulis teks recount dan (3). Penguasaan tata bahasa Inggris dan penguasaan kosakata bahasa Inggris secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks recount. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Maja Kabupaten Lebak dari tanggal 3 Maret sampai dengan  Mei 2017. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif metode korelasional.Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Maja Kabupaten Lebak.Sampel dalam penelitin ini adalah 34 peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes penguasaan tata bahasa Inggris, tes penguasaan kosakata bahasa Inggris dan tes kemampuan menulis teks recount. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) ada hubungan positif antara penguasaan tata bahasa Inggris dengan kemampuan menulis teks recount (rx1y = 0,334 taraf nyata α = 0,05 dengan N = 34); (2) ada hubungan positif antara penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan kemampuan menulis teks recount (rx2y = 0,653 taraf nyata α = 0,05 dengan N = 34); dan (3) ada hubungan positif antara penguasaan tata bahasa Inggris dan penguasaan kosakata bahasa Inggris secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks recount (ry12 = 0,653 taraf nyata α = 0,05 dengan N = 34. Dari hasil analisis di atas dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama penguasaan tata bahasa Inggris dan penguasaan kosakata bahasa Inggris memberikan sumbangan yang berarti kepada kemampuan menulis teks recount Kata kunci :Penguasaan Tata Bahasa, Kosakata, Menulis Teks Recount

Copyrights © 2017