Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui penggunaan model model pembelajaran kontekstual dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar pada pelajaran administrasi perkantoran (Materi : membuat laporan perjalanan bisnis) di SMK Guna Bangsa Banjarsari Kabupaten Lebak. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penilitian ini dilakukan melalui penelitian eksperimen, dengan sampel populasi sebanyak 80 siswa kelas XI SMK Guna Bangsa Banjarsari Kabupaten Lebak pada tahun pelajaran 2015/2016, sample yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberi test (Post dan pre test), untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa terhadap mata pelajaran administrasi perkantoran pada siswa kelas XI SMK Guna Bangsa Banjarsari Kabupaten Lebak, dilakukan denga menyebarkan angket, hasil penelitian menyebutkan Terdapat perbedaan hasil belajar administrasi perkantoran antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori danKecerdasan interpersonal siswa berpengruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi perkantoran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Kecerdasan Interpersonal dan Hasil Belajar.
Copyrights © 2016