Toko bahan bagunan, Ar-Raihan,Gresik mengalami beberapa permasalahan. Toko tersebut mengalami kendala dalam menyebarkan informasi promosi produk. Informasi tentang hasil penjualan produk sulit didapatkan. Pelanggan kesulitan untuk mengetahui status pengiriman produk. Produk yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan pelanggan. Nota bukti pembayaran rentan hilang. Rekam jejak transaksi pelanggan tidak terkumpul dengan baik. Belum tersedia layanan purna jual serta prosedur untuk menjaga loyalitas pelanggan. Dari permasalahan tersebut maka diusulkan sebuah solusi berupa Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk meningkatkan layanan penjualan dalam hubungan pelanggan dengan fitur informasi promo, produk terlaris, notifikasi status pengiriman, review produk, rekam jejak transaksi penjualan, dan card poin. Pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML), baha pemrograman PHP dan Sistem manajemen basis data MySQL Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dapat mengelolah data toko bahan bangunan serta meyajikan informasi produk promosi, produk terlaris, notifikasi barang sampai, review produk, rekam jejak transaksi penjualan, card poin dan poin untuk customer disaat ulang tahun. Serta dapat digunakan oleh customer di toko bahan bangunan Ar-Raihan gresik untuk melakukan pemesanan.
Copyrights © 2021