cover
Contact Name
Henny Fitriyah
Contact Email
fitriyahheny@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalcomputech@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Kalianyar No. 16 Jogoroto
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
COMPUTECH : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 27969984     EISSN : 27968783     DOI : -
Core Subject : Science,
Enterprise Systems (ES) Enterprise Resource Planning Business Process Management Customer Relationship Management Marketing Analytics System Dynamics E-business and e-Commerce Marketing Analytics Supply Chain Management and Logistics Business Analytics and Knowledge Discovery Production Management Task Analysis Process Mining Discrete Event Simulation Service Science and Innovation Innovation in the Digital Economy Information Systems Management (ISM) Software Engineering Software Design Pattern System Analysis and Design Software Quality Assurance Green Technology Strategies Strategic Information Systems IT Governance and Audits E-Government IT Service Management IT Project Management Information System Development Research Methods of Information Systems Adoption and Diffusion of Information Technology Health Information Systems and Technology Accounting Information Systems Human Behavior in Information System Social Technical Issues and Social Inclusion Domestication of Information Technology ICTs and Sustainable Development Information System in developing countries Software metric and cost estimation IT/IS audit IT Risk and Management Data Acquisition and Information Dissemination (DAID) Open Data Social Media Knowledge Management Social Networks Big Data Web Services Database Management Systems Semantics Web and Linked Data Visualization Information Social Information Systems Social Informatics Spatial Informatics Systems Geographical Information Systems Data Engineering and Business Intelligence (DEBI) Business Intelligence Data Mining Intelligent Systems Artificial Intelligence Autonomous Agents Intelligent Agents Multi-Agent Systems Expert Systems Pattern Recognition Machine Learning Soft Computing Optimization Forecasting Meta-Heuristics Computational Intelligence Decision Support Systems IT Infrastructure and Security (ITIS) Information Security and Privacy Digital Forensics Network Security Cryptography Cloud and Virtualization Emerging Technologies Computer Vision and Image Ethics in Information Systems Human Computer Interaction Wireless Sensor Networks Medical Image Analysis Internet of Things Mobile and Pervasive Computing Real-time Systems and Embedded Systems Parallel and Distributed Systems
Articles 24 Documents
Aplikasi Presensi Kepegawaian Menggunakan Framework Laravel Di Mojopahit Clothing Mojokerto Ahmad Farhan; Chandra Sukma Anugrah; Nur Wakid
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk menunjang kesuksesan dan pengembangan dalam sebuah bisnis di UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), teknologi dan internet telah menjadi suatu kebutuhan. Seperti pada UMKM Mojopahit Clothing yang memanfaatkan teknologi internet untuk memasarkan produknya. Absensi pegawai memiliki peran yang sangat kompleks dalam penunjangan UMKM untuk melihat tingkat kedisiplinan pegawai. Sehingga mengabaikan salah satu faktor penting tersebut dapat berdampak pada kinerja seorang pegawai. Meskipun tenaga kerja atau pegawai di UMKM tersebut sedikit, namun keberadaan pegawai tetap harus diolah secara profesional yang berkaitan dengan hak dan kewajibannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memberikan alternatif solusi dengan membangun sistem informasi absensi pegawai berbasis web dan mobile yang dibangun untuk membantu pemilik usaha dalam mengolah data pegawainya. Sistem ini menggunakan metode perancangan Extreme Programming dengan bahasa pemrograman PHP dan pengelolaan basis data Mysql serta menggunakan Framework Laravel dan Template Eliteadmin untuk membangun Web dan juga Cordova serta Framework 7 untuk membangun Mobile. Berdasarkan hasil perancangan dan pembangunan, sistem kemudian diuji fungsionalitasnya dengan menggunakan metode Black Box. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem dapat di gunakan sebagai salah satu solusi bagi pemilik usaha dalam melakukan pencatatan absensi pegawai secara real time. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur pengolah data pribadi pegawai, data izin pegawai, memberikan informasi absensi pegawai serta mencetak laporan terkait informasi absensi pegawai.
Penerapan Model Pengembangan Extreme Programing Pada Sistem Informasi Pemantauan Siswa Prakerin Berbasis Web teguh priyo utomo; Mukhamad Masrur; Nurush Shobah
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK YPM 14 Sumobito merupakan sekolah menegah kejuruan pertama yang setiap tahunnya harus melakukan kegiatan PRAKERIN oleh siswa kelas sebelas. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan siswa dan siswi pengalaman di dunia kerja baik dalam sebuah perusahaan maupun instansi. Dalam pelaksanaannya terdapat kendala dimana selama pelaksanaan berlangsung pihak guru pembimbing sebagai penanggung jawab kegiatan tidak dapat melakukan pemantauan kegiatan secara merata sehingga terdapat beberapa kelompok yang tidak terpantau secara langsung, berdasarkan hal tersebut maka penulis mengembangkan sebuah sistem informasi menggunakan model extreme programming yang dapat digunakan untuk melakukan pemantauan secara online sehingga pemantauan terhadap kegiatan PRAKERIN dapat terpantau secara menyeluruh ke semua kelompok. Berdasarakan implementasi yang dilakukan sistem dapat memberikan kemudahan pihak sekolah serta siswa dalam melaksanakan kegiatan PRAKERIN dimana siswa dapat melakukan pencatatan laporan secara online melalui sistem dan pihak guru pembimbing dapat melakukan pemantauan secara online melalui sistem.
Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berdasarkan Pembobotan Analytical Hierarchy Process (AHP) Ivan Fibrian; Beda Puspita Candra
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penilaian kerja merupakan salah upaya untuk melakukan kontrol performa kerja karyawan. Oleh karena itu PT. Ditra Jaya selalu rutin melakukan penilaian kinerja karyawan di akhir tahun. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah masing-masing kriteria tidak mempunyai nilai bobot, sehingga poin penilaian sama rata. Akibatnya hasil penilaian tidak mencerminkan kemampuan masing-masing karyawan. Selain itu kegiatan penilaian saat ini membutuhkan waktu ± 1bulan untuk rekap hasil penilaian, karena jumlah karyawan yang mencapai 300 orang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan sistem penilaian kinerja dengan metode AHP dan SAW. Metode AHP digunakan untuk menentukan bobot masing-masing kriteria. Sedangkan metode SAW berfungsi untuk melakukan analisa dan menampilkan rangking nilai hasil penilaian.Penerapan kombinasi metode AHP dan SAW dapat mempermudah proses analisa penilaian kinerja dengan hasil akurasi yang baik dan cepat, sehingga mempermudah kerja kepala divisi HRD untuk memberikan laporan hasil penilaian kinerja kepada pihak pimpinan perusahaan.
Pemanfaatan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Monitoring Dokumen Administrasi Pengadaan Barang Atau Jasa Di Biro Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Nufan Balafif; Mohamad Ali Murtadho; Muhammad Awalul Kiromi
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Proses administrasi pengadaan barang atau jasa yang ada di bagian Pengelola dan Penyaring Informasi di Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Timur dilakukan dengan mencatat pengadaan barang atau jasa di buku oleh pegawai yang banyak ditulis secara berulang. Serta untuk status/validasi dan tanda tangan dokumen fisik setelah pengadaan yang bersifat internal oleh pejabat masih belum bisa di monitor. Dari uraian tersebut maka diperlukan sebuah Sistem Informasi yang memudahkan dalam pengadaan barang atau jasa yang dapat membantu pengelolaan data administrasi dan monitoring dokumen. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode waterfall dan menggunakan bahasa pemrograman Web serta MySQL untuk databasenya. Untuk proses design pembuatan perangkat lunak menggunakan UML (Unified Modelling Language). Sistem ini dapat memberikan informasi mengenai stastus/validasi dari dokumen fisik yang di tandatangani oleh pejabat terkait serta membuat nomor dokumen secara otomatis. Kata kunci : Administrasi, Monitoring, Dokumen, Waterfall
Peningkatan Layanan Penjualan dan Menjaga Loyalitas Pelanggan dengan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Eddy Kurniawan; Diema Hernyka Satyareni; Ais Salimatus Sa’diyah
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Toko bahan bagunan, Ar-Raihan,Gresik mengalami beberapa permasalahan. Toko tersebut mengalami kendala dalam menyebarkan informasi promosi produk. Informasi tentang hasil penjualan produk sulit didapatkan. Pelanggan kesulitan untuk mengetahui status pengiriman produk. Produk yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan pelanggan. Nota bukti pembayaran rentan hilang. Rekam jejak transaksi pelanggan tidak terkumpul dengan baik. Belum tersedia layanan purna jual serta prosedur untuk menjaga loyalitas pelanggan. Dari permasalahan tersebut maka diusulkan sebuah solusi berupa Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk meningkatkan layanan penjualan dalam hubungan pelanggan dengan fitur informasi promo, produk terlaris, notifikasi status pengiriman, review produk, rekam jejak transaksi penjualan, dan card poin. Pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML), baha pemrograman PHP dan Sistem manajemen basis data MySQL Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dapat mengelolah data toko bahan bangunan serta meyajikan informasi produk promosi, produk terlaris, notifikasi barang sampai, review produk, rekam jejak transaksi penjualan, card poin dan poin untuk customer disaat ulang tahun. Serta dapat digunakan oleh customer di toko bahan bangunan Ar-Raihan gresik untuk melakukan pemesanan.
Upaya Peningkatan Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam Dengan Sistem Informasi KSP Karya Mulur Berbasis Website Riyansyah; Ivan Dwi Fibrian; Eddy Kurniawan
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

BUMDes Karya Mulur merupakan badan usaha desa yang menyelenggarakan koperasi simpan pinjam di desa Plosogenuk, Perak, Kabupaten Jombang. Namun pada pengelolaan koperasi simpan pinjam di BUMDes Karya mulur masih bersifat konvensional dimana proses pengajuan pinjaman mengisi formulir yang diberikan petugas, kemudian pada pelaporan penginputan data pada buku dan Microsoft Excel yang mana proses ini kurang efesien dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti membangun Sistem Informasi KSP Karya Mulur yang diharapkan dapat mempermudah pengelolaan data dan dapat mengurangi waktu saat proses simpan pinjam. Peneliti membangun sistem ini berbasis website dengan menggunakan framework css bootstrap. Dengan hasil pengujian UAT(User Acceptance Testing) yang memperoleh nilai 88,5% maka sistem informasi KSP Karya Mulur sesuai dengan kebutuhan dan dapat mengatasi permasalahan.
Sistem Informasi Pemesanan Jasa Konveksi UD. Radin Jaya Singgih Dwi; Teguh Priyo Utomo; Chandra Sukma Anugrah
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Radin Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, lebih tepatnya jasa pemesanan pakaian atau lebih dikenal dengan konfeksi. Ada beberapa macam jenis pakaian yang bisa dipesan oleh konsumen yaitu, kaos, hoodie, dan kemeja. Banyaknya jumlah permintaan dari pelanggan, terkadang beberapa pesanan tidak tercatat, hal ini dapat merugikan UD. Radin Jaya. Sistem pemesanan yang digunakan oleh UD. Radin Jaya ini juga masih menggunakan sistem konvensional yaitu calon pelanggan harus datang ke toko untuk melakukan pesanan artikel. Pada permasalahan yang dihadapi oleh UD. Radin Jaya, langkah yang diambil dalam penyelesaian masalah ini yaitu melakukan penelitian untuk membuat sebuah sistem pemesanan jasa konfeksi secara online dan pengolahaan data pemesanan jasa konfeksi secara keseluruhan. Sistem yang akan dibangun nantinya berbasis website. Sistem ini akan dibangun menggunkanan metode analisis waterfall. Metode ini masih menggunakan konsep Waterfall yaitu melakukan permodelan secara sistematis dan berurutan mulai dari observasi, analisis, desain, dan implementasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sebuah sistem pemesanan jasa konfeksi yang dirancang untuk mempermudah konsumen melakukan pemesanan. Sistem pemesanan jasa konfeksi ini juga memberikan kemudahan kepada pihak UD. Radin Jaya dalam pengolahan data. Beberapa fitur yang akan penulis sertakan pada aplikasi ini yaitu sistem order yang bisa disesuaikan sendiri oleh konsumen misalnya mau memilih kaos, kemeja, atau hoodie, jumlah pesanan, ukuran pakaian (S, M, L, XL), yang nantinya juga bisa menampilkan jumlah nominal yang harus dibayar oleh pemesan.
Implementasi Sistem Interferensi Fuzzy Pada Penentuan Ongkos Jasa Penjahit Nisa Ayunda; Siti Nurrosyidah; Hendy
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha busana merupakan usaha mikro yang termasuk pada usaha informal subsektor jasa. Salah satu pelaku usaha subsektor jasa adalah penjahit. Penjahit sering dihadapkan dengan permasalahan seperti dalam menentukan ongkos menjahit. Penjahit menentukan ongkos secara konvensional, perkiraan, atau berdasarkan rata-rata ongkos di daerah sekitar usaha. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian mengenai penentuan ongkos dengan sistem interferensi fuzzy. Sistem ini merupakan salah satu sistem pendukung keputusan yang merepresentasikan bahasa linguistik menjadi bilangan numerik. Perhitungan ongkos dengan sistem fuzzy menggunakan metode Mamdani dengan sembilan variabel input, yaitu: dan . Perhitungan ongkos pakaian dengan Model 2 secara FIS pada Matlab memperoleh harga Rp 81.250,00 per pakaian. Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa harga tersebut berada pada range ongkos yaitu Rp 35.000,00 – Rp 150.000,00. Oleh sebab itu, analisis perhitungan dengan metode Mamdani pada FIS merupakan metode pengolahan data yang actual dan dapat digunakan oleh penjahit agar mendapatkan harga yang tepat.
Sistem Informasi Manajemen Badan Usaha Milik Desa Terintegrasi Dicky Wahyu Pratama; Moh. Anshori Aris Widya
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes merupakan usaha di bidang ekonomi yang dimiliki oleh sebuah desa dan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan roda perekonomian warga desa sumbermulyo jogoroto. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah Website Sistem Informasi Manajemen Badan Usaha Milik Desa di Desa Sumbermulyo Jogoroto yang dapat melakukan pengelolaan dan pelaporan hasil Badan Usaha dengan baik dan menjadikan hasil sistem informasi ini sebagai penginputan data pendapatan desa perbulanyaPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode waterfall untuk pembangunan sistem. Hasil penelitian ini diperoleh hasil akhir berupa Sistem Informasi Manajemen Badan Usaha Milik Desa Terintegrasi.
Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Dan Layanan Gangguan Berbasis Web Di PT. Bitniaga Cipta Gemilang Heppy Agustian; Mohamad Ali Murtadho; Ivan Dwi Fibrian
Computech : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : AMIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Bitniaga Cipta Gemilang merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang Jasa Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider). Dimana sistem pembayaran yang masih membutuhkan konfirmasi untuk melakukan update data pembayaran. Hal ini menyebabkan pelayanan di PT. Bitniaga Cipta Gemilang dirasa kurang memuaskan bagi pelanggan, sehingga bisa menurunkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Pengembangan sistem informasi disini diharapkan dapat melakukan pembayaran secara online (Payment Gateway) serta bisa memonitor dengan cepat segala sesuatu yang terjadi jika pelanggan melakukan pembayaran. Penelitian ini dilakukan melalui metode pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan studi pustaka. Serta metode rekayasa perangkat lunak terdiri dari analisis dan desain sistem. Pada sistem informasi pembayaran dan layanan gangguan berbasis website di PT. Bitniaga Cipta Gemilang sistem yang diusulkan di bangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL dengan framework codeigniter 3. Beberapa kesimpulan tersebut antara lain sebagai berikut, telah berhasil dikembangkan menggunakan payment gateway (tripay) dan layanan laporan gangguan bias diakses online melalui aplikasi.

Page 1 of 3 | Total Record : 24