JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 2, No 2 (2017): JURNAL PEKAN

PENDIDIKAN NILAI KEHIDUPAN MELALUI KEBIASAAN DAN KETELADANAN SEBAGAI STRATEGI PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA

Yohanes Berkhmas Mulyadi (STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2018

Abstract

Tulisan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai kehidupan pada siswa melalui kebiasaan dan keteladanan supaya terjadi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian yang baik. Proses pendidikan nilai kehidupan diarahkan pada pengembangan kemampuan  kognitif, afektif dan psikomotor.Metode yang digunakan adalah metode menasehati, metode serba membiarkan, metode model dan metode kebebasan dan kesempatan menyampaikan tanggapan, perasaan, penilaian. Model kebiasaan yang diutamakan adalah kebiasaan baik yang dilakukan orang tua di rumah dan para guru di sekolah dan keteladanan yang bisa diandalkan adalah perilaku guru sebagaimana diungkapkan Ki Hajar Dewantara dalam semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani. Semboyan ini sangat membantu siswa dalam mewujudkan jati diri sekaligus dapat mengembangkan unsur-unsur kepribadian siswa seperti pengetahuan atau pengenalan (kognitif), perasaan dan emosi (afekti), kemauan atau kehendak (konasi) dan campuran (kombinasi). Kata Kunci : Pendidikan Nilai Kehidupan, Kepribadian

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PEKAN

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Persada Khatulistwa. Terbit 2 kali setahun (April dan Nopember). E-ISSN: 2540-8038. Jurnal ini yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan ...