Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah
Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021

PENGARUH TRUST DAN MUTU E-BANKING TERHADAP LOYALITAS BERTANSAKSI SECARA ONLINE PADA BANK SULSELBAR SYARIAH SENGKANG

Jumarni Jumarni (Institut Agama Islam Negeri Bone)
Nenni Hardianengsi (Institut Agama Islam Negeri Bone)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Dimasa pandemi sekarang ini kita perlu memahami tentang kemudahan-kemudahan layanan yang ditawarkan oleh pihak perbankan, agar kita tetap bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini membahas tentang pengaruh trust dan mutu e-banking terhadap loyalitas nasabah bank sulselbar syariah cabang sengkang. Trust atau kepercayaan konsumen adalah pengetahuan konsumen tentang suatu objek, atributnya, dan manfaatnya. Mutu sistem E-Banking merupakan suatu proses evaluasi menyeluruh pelanggan mengenai kesempurnaan system. Sedangkan Loyalitas adalah respon perilaku atau pembelian yang bersifat bias dan terungkap secara terus-menerus oleh pengambil keputusan dengan memperhatikan satu atau lebih merek alternatif dari sejumlah merek sejenis dan merupakan fungsi proses psikologis.Jenis penelitian ini tergolong  penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus lemeshow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trust dan Mutu E-banking memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Bertransaksi secara online Karena Trust dan Mutu E-Banking tersebut memiliki jumlah persentase yang berada di taraf Tinggi  yaitu sebesar 66,8%. Hasil dari analisis yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif Trust dan Mutu E-banking terhadap Loyalitas Bertransaksi secara online hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah presentase Trust dan Mutu e-Banking dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel pada tingkat signifikansi 5%, dimana F hitung sebesar 93,364 dan F tabel sebesar 3,09. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,000 juga menunjukan nilai yang lebih kecil dari nilai yang telah ditentukan yaitu 0,05 (0,000 0,05). Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,817 sehingga kemudian didapat koefisien determinasi (R2) sebesar 0,668. Nilai koefisien determinasi tersebut menggambarkan bahwa sebesar 66,8%  Loyalitas dapat dijelaskan oleh variabel Trust dan Mutu. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

akunsyah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Akunsyah) is a peer-reviewed journal published by Department of Sharia Accounting, Faculty of Economics and Business, IAIN Bone twice a year (June and December). Akunsyah aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide the ...