Merpsy Journal
Vol 16, No 1 (2024)

Studi Komparasi Tingkat Atensi Berdasarkan Iringan Musik Lo-Fi

Arneta Fitra Gaskin (Universitas Mercu Buana)
Kazia Manuela Hutasoit (Universitas Mercu Buana)
Irma Himmatul Aliyyah (Universitas Mercu Buana)
Raden Ahmad Idham (Universitas Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan tingkat atensi belajar antara siswa yang mendengarkan musik lo-fi dan yang tidak. Menggunakan metode eksperimental dengan desain post-test only, 20 siswa kelas sebelas dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendengarkan musik lo-fi dan kelompok kontrol non-musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendengarkan musik lo-fi memiliki tingkat atensi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini memberikan dukungan empiris terhadap manfaat musik lo-fi dalam meningkatkan fokus dan atensi belajar siswa. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya genre musik dalam mempengaruhi suasana hati dan kinerja kognitif. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini dan mengeksplorasi efek jangka panjang musik lo-fi dalam lingkungan pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

merpsy

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Merpsy Journal is an open-access journal that publishes empirical research aimed at advancing our understanding of theoretical issues in the field of psychology with an approach model of biology, psychology, and social aspects that are interrelated and interact with each other to enable research ...