Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap kesulitan yang dihadapi siswa saat belajar bahasa Inggris, khususnya saat membaca teks narasi. Dalam hal ini, penulis ingin menyelidiki masalah ini lebih lanjut. Strategi SOAPS dapat digunakan untuk membantu siswa memahami ide-ide utama teks narasi atau untuk meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada dampak signifikan dari strategi SOAPS terhadap pemahaman membaca teks narasi siswa di sekolah Islam. SMA Darul Hikmah Pekanbaru. Hal ini juga berusaha untuk mengetahui pemahaman membaca siswa terhadap teks narasi yang diajarkan tanpa strategi SOAPS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen semu. Data pemahaman membaca teks narasi siswa di SMA Islam Darul Hikmah Pekanbaru dikumpulkan oleh penulis dengan menggunakan pendekatan pre-test dan post-test. Populasi penelitian berjumlah 270 siswa. Hanya dua kelas dijadikan sampel oleh penulis karena besarnya populasi: XI IPA 1 (kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa) dan XI IPA 2 (kelas kontrol yang juga berjumlah 29 siswa). Dengan demikian, sampel dari kedua kelas tersebut berjumlah 58 siswa. Dengan menggunakan SPSS 22.00, penulis menggunakan uji-t sampel independen untuk analisis data. Pada akhirnya, penulis menyimpulkan dari analisis rumus uji T bahwa pendekatan SOAPS mempunyai dampak yang signifikan terhadap pemahaman membaca teks narasi siswa di SMA Islam Darul Hikmah Pekanbaru, dimana Sig.2 Tailed = 0,000 kurang dari 0,05. Artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima.
Copyrights © 2024