SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 1 (2022): April

Pelatihan Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas

Ilham Minggi (Jurusan Matematika FMIPA UNM)
Muhammad Darwis M (Jurusan Matematika FMIPA UNM)
Syahrullah Asyari (Jurusan Matematika FMIPA UNM)
Ikhbariaty Kautsar Qadry (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
18 May 2022

Abstract

Artikel ini bermaksud mengemukakan solusi atas masalah guru SD di Kec. Tinggi Moncong, Kab. Gowa terkait desain pembelajaran dan penelitian tindakan kelas (PTK). Realisasi metode yang ditawarkan atas masalah tersebut adalah pelatihan dengan mengadaptasi direct instruction model oleh Richard I. Arends. Aktivitas inti dalam pelatihan ini adalah penyajian konsep desain pembelajaran dan PTK, PTK sebagai basis desain pembelajaran, dan implementasi desain pembelajaran berbasis PTK, serta mendampingi peserta secara intensif untuk melakukan praktik desain pembelajaran berbasis PTK dan membuka ruang diskusi bagi peserta yang mengalami kesulitan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konseptual guru tentang desain pembelajaran berbasis PTK, serta meningkatkan kemampuan praksis guru dalam desain pembelajaran berbasis PTK. Oleh karena itu, direkomendasikan perlunya kegiatan serupa dengan cakupan peserta yang lebih luas yang berasal dari komponen guru-guru yang berasal dari Kabupaten/Kota lainnya. Dengan demikian, peserta akan mengalami recharging solusi alternatif terhadap masalah pembelajaran yang mereka hadapi di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

smart

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumberdaya manusia,dan teknologi tepat ...