Jurnal Ilmiah WUNY
Vol 6, No 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY

Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran fisika model Tubasharing

Arif Alfatah (MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Tubasharing dan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif, yaitu membandingkan hasil belajar (nilai tes Ulangan Harian) antar bab materi fisika dengan indikator kinerja sebelum dan sesudah tindakan, juga menampilkan hasil motivasi siswa. Model penelitian tindakan pada penelitian ini mengacu pada model spiral yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan pencerminan/refleksi, disingkat tahap P4. Dari hasil penerapan model dan analisis data, bisa disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika model Tubasharing secara sederhana adalah dengan mengajak siswa berdiskusi mengurai suatu tema masalah, dengan masing-masing kelompok diskusi dipimpin oleh seorang tutor dari siswa yang telah dipilih, kemudian hasil diskusi tersebut dituangkan secara bersama dalam bentuk mind mapping dan kemudian dishare presentasikan di depan kelas. Penerapan pembelajaran fisika model TUBASHARING mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...