Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 19, No 2 (2022)

PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI GURU

Maskartika Rahmatul Laily (Universitas Negeri Malang)
Sunaryanto Sunaryanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi tentang profesi guru dan lingkungan sosial terhadap minat mahasiswa pendidikan akuntansi menjadi guru. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 126 mahasiswa/i dari program studi pendidikan akuntansi di Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Surabaya yang didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada calon responden. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan persepsi tentang profesi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru, sedangkan lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Hasil tersebut menjelaskan bahwa meskipun persepsi mahasiswa tentang profesi guru baik, hal itu tidak dapat mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru. Berbeda dengan lingkungan sosial, lingkungan sosial mendukung mahasiswa menjadi guru maka hal tersebut akan memperbesar minat mahasiswa berprofesi sebagai guru profesional. Oleh karena itu, lingkungan sosial perlu memberikan dukungan positif kepada mahasiswa terutama selama mereka menempuh proses pendidikan untuk menumbuhkan minat menjadi guru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...