Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi langkah-langkah dalam pengembangan media trainer robotika berbasis internet of things sebagai alat pembelajaran pendidikan kejuruan dan vokasi pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, dan menghasilkan media trainer robotika yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D, yaitu 1) pendefinisian, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) penyebaran, teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif persentase yang mendiskripsikan hasil pengembangan, respon validator, hasil uji coba one to one, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media trainer robotika berbasis internet of things yang dikembangkan dalam hal media dan materi tergolong sangat valid untuk digunakan. Implementasi media trainer ini mendapatkan respon yang sangat praktis dari mahasiswa dalam penggunaannya, dan hasil tes mahasiswa setelah implementasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media trainer robotika berbasis internet of things yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis rata-rata aspek aplikasi 91,67%, tampilan 95,83%, konten 91,67% dan bahasa 91,67%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media trainer robotika berbasis internet of things berada pada kategori sangat praktis dan efektif dalam penggunaannya dengan nilai N-Gain sebesar 0,77 atau dalam kategori tinggi.
Copyrights © 2023