Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil pengembangan modul instalasi penerangan Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, (2) kelayakan modul instalasi penerangan pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, (3) kepraktisan modul instalasi penerangan pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four-D) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Subjek uji coba desain produk adalah ahli materi/konten, sedangkan subjek uji coba produk adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro berjumlah 10 orang untuk uji coba kelompok kecil dan 30 orang untuk uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi, kemudian dinalaisis data kevalidan instrumen, kelayakan dan kepraktisan modul instalasi penerangan. Hasil menunjukkan bahwa (1) pengembangan modul instalasi penerangan dengan prinsip self instructional mengacu pada model pengembangan 4-D. (2) kelayakan modul instalasi penerangan dinyatakan layak dengan tingkat kelayakan 3,75 berdasarkan pengujian ahli. (3) kepraktisan modul instalasi penerangan dinyatakan cukup praktis berdasarkan olah data dengan 3,3 perdasarkan pengujian produk.
Copyrights © 2024