Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan Gigi FOKGII
Vol. 1 No. 2 (2024): Agustus 2024

Gerakan Senyum Ceria dan Gigi Sehat Siswa Sekolah Ahmad Dahlan Boarding School Sukoharjo

Dendy Murdiyanto (Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Seikha Mumtaza (Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhammad Yanuar Adib (Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut yang baik merupakan salah satu indikator kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini karena kesehatan gigi dan mulut dapat berdampak positif pada kondisi fisik, kemampuan mengunyah dan berbicara, serta penampilan termasuk senyum seseorang. Perilaku dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu faktor yang paling penting. Perilaku yang baik dimulai dari pengetahuan akan kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut, termasuk siswa sekolah. Tujuan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan gigi kepada siswa Ahmad Dahlan Boarding School yaitu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang kesehatan gigi dan mulut, diharapkan siswa dapat memiliki gigi dan mulut yang sehat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di SMP Ahmad Dahlan Boarding School , Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, berjalan dengan lancar dan antusias. Pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan yang dilakukan menunjukkan bahwa masih banyak siswa dan masyarakat yang mengalami masalah kesehatan, baik gigi, umum, maupun psikologis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmkg

Publisher

Subject

Humanities Dentistry Education Health Professions Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan Gigi FOKGII (JPMKG FOKGII) merupakan portal jurnal yang mempublikasi artikel ilmiah pada kegiatan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan gigi. Dibentuk oleh Forum Komunikasi Kedokteran Gigi Islam Indonesia (FOKGII) pada tahun 2024. Jurnal ini dapat diikuti ...