Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 242 Jakarta

Farah Az Zahrah (Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta)
Budiaman (Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta)
Nurul Istiqomah (Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari minat yang dimiliki siswa untuk belajar IPS masih tergolong rendah yang ditandai dengan beberapa siswa kurang tertarik atau antusias selama kegiatan pembelajaran, pembelajaran cenderung berpusat pada guru yang menggunakan metode ceramah, dan siswa seringkali menunda-nunda mengerjakan tugas. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS VII F di SMP Negeri 242 Jakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa pra-penelitian hanya 39% atau sebanyak 14 siswa yang tergolong minat tinggi, setelah penerapan metode pembelajaran tutor sebaya selama 3 siklus, siswa yang tergolong minat belajar tinggi sebesar 94% atau sebanyak 34 siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...