Journal of Educational Technology Studies and Applied Research


Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Mobile Untuk Enjoyful Learning Pada Siswa ADHD

Fitrah Rohimah Agma Putri (Universitas Negeri Malang)
Henry Praherdhiono (Universitas Negeri Malang)
Zainul Abidin (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan augmented reality berbasis mobile untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan sadiman, dkk 2010. Dalam penyelesaian pengembangan aplikasi augmented reality berbasis mobile untuk pembelajaran menyenangkan pada siswa ADHD menggunakan 9 tahap, yaitu analisis kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir - butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah storyboard media, produksi media, validasi, revisi, media siap digunakan. Hasil pengembangan mendapatkan respon positif dari uji validitas oleh materi dengan rata rata sebesar 93,75%, sementara ahli media memberikan penilaian sebesar 92,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi augmented reality berbasis mobile untuk pembelajaran menyenangkan pada siswa ADHD ini telah terbukti valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran bagi siswa ADHD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jetsar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The focus and scope accepted in JETSAR is the ethical study and application of theory, research, and practices to advance knowledge, improve learning and performance, and empower learners through strategic design, management, implementation, and evaluation of learning experiences and environments ...