Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan augmented reality berbasis mobile untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan sadiman, dkk 2010. Dalam penyelesaian pengembangan aplikasi augmented reality berbasis mobile untuk pembelajaran menyenangkan pada siswa ADHD menggunakan 9 tahap, yaitu analisis kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir - butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah storyboard media, produksi media, validasi, revisi, media siap digunakan. Hasil pengembangan mendapatkan respon positif dari uji validitas oleh materi dengan rata rata sebesar 93,75%, sementara ahli media memberikan penilaian sebesar 92,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi augmented reality berbasis mobile untuk pembelajaran menyenangkan pada siswa ADHD ini telah terbukti valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran bagi siswa ADHD.
Copyrights © 2024