Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Kontribusi Penggunanan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Perolehan Hasil Belajar Siswa

Ahyan Mujahidittauhid (Universitas Mataram)
Alifiya Rizky Anjani (Universitas Mataram)
Hassa Noviana (Universitas Mataram)
Pipin Nur Aprilia (Universitas Mataram)
Edy Herianto (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Metode demonstrasi merupakan metode yang memperagakan materi pembelajaran baik secara langsung maupun dengan bantuan media pembelajaran relevan. Tujuannya adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah memperoleh kontribusi dari penggunaan metode demontrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitaif menggunakan pre eksperimen dengan desain one group pre-test and posttest. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Mataram, satu kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas XH.yang ditentukan secara purposif. Hipotesi penelitian diuji dengan menggunakan Uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa Nilai sig. 2 tailed = 0,000 0,05 . Kesimpulannya adalah Hipotesis null ditolak. Artinya, ada penerapan model pembelajaran metode demontrasi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perolehan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...