Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran orang tua dan lingkungan belajar terhadap minat belajar mahasiswa di Universitas Negeri Medan, serta untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada instansi tentang seberapa berpengaruh peran orang tua dan lingkungan belajar terhadap minat belajar mahasiswa di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode kuantitatif dengan membagikan kuesioner kepada beberapa mahasiswa UNIMED. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UNIMED dengan sampel sebanyak 76 orang. Instrumen penelitian yang kami gunakan adalah kuesioner tentang peran orang tua, lingkungan belajar dan minat belajar mahasiswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa peran orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa. lingkungan belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa. Secara bersama-sama, peran orang tua dan lingkungan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar mahasiswa.
Copyrights © 2024