Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Strategi Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar

Fathiya Kamilatunnuha (Universitas Nusa Putra)
Enur Hidayah (Universitas Nusa Putra)
Clara Ananda G (Universitas Nusa Putra)
Joko Suprapmanto (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan keterampilan membaca siswa kelas II melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Ciseupan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan meneliti populasi atau sampel dan mengumpulkan data berbentuk angka untuk dianalisis menggunakan teknik statistik. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Ciseupan pada tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh dari observasi dan tes selama proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca siswa. Indikator peningkatan ini terlihat dari hasil evaluasi membaca dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...