Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesionali Guru Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 4 Pekanbaru

Maya Triana (Universitas Riau)
Isjoni Isjoni (Universitas Riau)
Asril Asril (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari peradaban kebudayaan manusia yang akan terus berkembang setiap waktu. Karena sejatinya pendidikan merupakan ujung tombak untuk terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki daya saing di kehidupan sosial.Lembaga pendidikan membutuhkan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi profesional dalam mengajar sehingga peserta didik dapat terarahkan dan mudah mengerti dalam memahami pelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang Kompetensi Profesionali Guru Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI DI SMAN 4 PEKANBARU. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dan verifiikatif yang diperoleh dengan dilakukan pada sejumlah sampel dengan menggunakan angket. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Pekanbaru yang berlokasi Jl. Adisucipto No. 67 Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai. sampel sebanyak 59 siswa diketahui sebanyak 31 siswa yang hasil belajarnya masuk kategori tinggi dengan jumlah persentase sebanyak 52,54 %. Hasil penelitian bahwa variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesionali guru Sejarah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...