Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Mewujudkan Peran Guru Dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Keterampilan Sosial Emosional Dengan Teknik STOP

Zulfha Lubis (Universitas Islam Sumatera Utara)
Sapta Kesuma (Universitas Islam Sumatera Utara)
Yusnita Muslim (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat wujud peran guru dalam peningkatan kesiapan belajar siswa melalui keterampilan sosial emosional dengan Teknik STOP. Pembelajaran juga diintegrasikan dengan kompetensi sosial emosional. Menurut Ritonga et al., (2022), kompetensi sosial emosional memiliki lima tahapan yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan berhubungan sosial dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Kompetensi sosial ini diterapkan dalam proses pembelajaran seperti teknik STOP (Stop, Take a deep breath, Observe, dan Proceed), mindfull movement, diskusi kelompok, tutor sebaya, dan pengambilan suatu keputusan yang bertanggungjawab. Pada tahap observasi, mengamati keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan Teknik STOP. Tahap refleksi dilakukan berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hasil ini digunakan sebagai perbaikan dan dipertimbangkan perencanaannya pada siklus berikutnya. Apabila hasil siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan maka diperbaiki pada siklus II dan seterusnya hingga indikator keberhasilan tercapai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Teknik STOP secara signifikan meningkatkan kesiapan belajar siswa. Hal ini terlihat dari kenaikan persentase pada kategori sangat baik dan baik di semua indikator, sementara kategori cukup dan kurang mengalami penurunan. Guru berhasil meningkatkan kesiapan belajar siswa melalui keterampilan sosial emosional dengan Teknik STOP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...