Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Model GI dikategorikan sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui interaksi dan diskusi dalam kelompok. Metode penelitian yang di guanakan adalah metode eksperimen, dengan Purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa. Uji yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji uji Validitas dan uji Reliabilitas untuk menguji instrumen, kemudian untuk uji prasyarat menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas, dan uji Hipotesis menggunakan uji Wilcoxon . Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model GI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya perbedaan rata – rata kemampuan berfikir kreatif antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas control, dengan nilai rata – rata nilai kelas eksperimen yaitu 81 sedangkan nilai rata – rata kelas kontrol yaitu 75,4.
Copyrights © 2024