Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Dampak Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa

Baiq Indri Astri Maulida (Universitas Mataram)
Desak Putu Irmalasari (Universitas Mataram)
Fatmawati Fatmawati (Universitas Mataram)
Ira Pazira (Universitas Mataram)
Edy Herianto (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Implementasi Model  Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Model GI dikategorikan sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui  interaksi dan diskusi dalam kelompok. Metode penelitian yang di guanakan adalah metode eksperimen, dengan Purposive sampling sebagai teknik pengambilan  sampel, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa. Uji yang digunakan  dalam penelitian ini meliputi uji  uji Validitas dan uji Reliabilitas untuk menguji  instrumen, kemudian untuk  uji prasyarat menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas, dan uji Hipotesis menggunakan uji Wilcoxon . Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model GI  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini  dapat dilihat dari adanya perbedaan rata – rata kemampuan berfikir kreatif antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas control, dengan nilai rata – rata nilai kelas eksperimen yaitu 81 sedangkan nilai rata – rata kelas kontrol yaitu 75,4.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...