Jurnal Produksi Tanaman
Vol. 4 No. 1 (2016)

PENGARUH DOSIS PUPUK NITROGEN DAN TINGKAT KEPADATAN TANAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae L.)

Harin Eki Pramitasari (Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya)
Tatik Wardiyati (Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya)
Mochammad Nawawi (Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2016

Abstract

Peningkatan produksi  kailan dapat dilaku-kan dengan pengaturan tingkat kepadatan tanaman dan pupuk nitrogen. Pada tingkat kepadatan optimal, kompetisi antar tanam-an masih terjadi sehingga pertumbuhan dan hasil per individu menjadi berkurang, namun karena jumlah tanaman per hektar ber-tambah dengan meningkatnya populasi, maka hasil panen per hektar masih dapat meningkat. Suplai nitrogen akan membuat bagian tanaman  menjadi hijau karena me-ngandung klorofil yang berperan dalam fo-tosintesis. Unsur tersebut juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tinggi ba-gi tanaman, memperbanyak jumlah anak-an, mempengaruhi lebar dan panjang daun serta membuat menjadi besar, menambah kadar protein dan lemak bagi tanaman. Pe-nelitian dilaksanakan pada bulan April sam-pai Juli 2014 di Cangar Kecamatan Bumiaji Kota Batu Malang. Bahan yang digunakan adalah benih kailan varietas Taichung, pu-puk urea, SP-36, KCl, pupuk kandang, kom-pos, dan air. Alat yang digunakan adalah cangkul, gembor, cetok, tugal, tray pot, sprayer, label, penggaris, alat tulis, jangka sorong, kamera, dan timbangan. Penelitian menggunakan RAK faktorial terdiri dari per-lakuan pertama P1: Kepadatan 25 tanaman per petak (1m2), P2: Kepadatan 30 tanaman per petak (1m2). Perlakuan kedua N1: 80,5 kg N ha-1, N2: 92 kg N ha-1, N3: 103,5 kg N ha-1, N4: 115 kg N ha-1, N5: 126,5 kg N ha-1. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara kedua perlaku-an tersebut terhadap pertumbuhan dan ha-sil tanaman kailan. Pada tingkat kepadatan tanaman 30 tanaman per 1m2 dan perlaku-an dosis pupuk nitrogen 126,5 kg N ha-1 me-nunjukkan hasil tertinggi pada semua kom-ponen hasil kecuali indeks panen disban-dingkan dengan perlakuan lainnya. Kata kunci: Kailan, Kepadatan Tanaman, Pupuk Nitrogen, Urea.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Produksi Tanaman adalah Jurnal Pertanian yang diterbitkan oleh Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya berisi hasil penelitian yang disusun oleh mahasiswa setelah menyelesaikan tugas akhir berupa ...