Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 (2024): Simposium Manajemen dan Bisnis

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE PADA TOKO SUMBER MURAH MAOSPATI

Kenanga Ajikusuma (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Sri Aliami (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Susi Damayanti (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk mengidentifikasi strategi pengembangan bisnis yang paling efektif untuk meningkatkan market share. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis data yaitu analisis SWOT. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Informan penelitian ini adalah pemilik toko, supervisior/kepala toko, dan pengawas. Hasil analisis SWOT pada penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Sumber Murah Maospati berada pada kuadran I yaitu mendukung strategi agresif. Strategi yang dapat digunakan oleh Toko Sumber Murah untuk meningkatkan market share sesuai dengan posisi strategi adalah strategi SO (Strenght-Opportunities) mempertahankan harga yang sudah ditetapkan kepada konsumen, terus menjaga loyalitas konsumen dan memperluas jangkauan pasar dengan meningkatkan kegiatan marketing dan promosi dengan membuka toko online seperti shopee, tokopedia, bahkan juga bisa menambah fitur ads (iklan) pada media sosial Instagram dan Facebook.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...