Masile:Jurnal Studi Ilmu Keislaman
Vol 3 No 2 (2022): MASILE

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Al-Muqoddasah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Di Kelas II Tema II

Mochammad Ramdan Samadi (STAI Sabili Bandung)
Mohammad Hisyam Yahya (STAI Ma'had Ali Cirebon)
Annisa Mayasari (STAI Sabili Bandung)
Mangun Rusnaya (STAI Sabili Bandung)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Keefektifan dalam pembelajaran, salah satunya, ditentukan oleh kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Kreativitas yang diterapkan berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa serta penerimaan pembelajaran siswa secara optimal. Kreativitas pembelajaran yang dilakukan perlu mempertimbangkan karakter siswa, terutama bentuk kegiatan yang relevan dengan perkembangan zaman dan lingkungan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble yang diterapkan pada siswa kelas 2 dalam materi Tema 2 Bermain di Lingkunganku. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa kelas 2 MI Al-Muqoddasah Cimaung dalam materi Tema 2 Bermain di Lingkunganku melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

masile

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

OCUS MASILE: Journal of Islamic studies emphasizing Contemporary Islamic studies in Indonesia, Southeast Asia, and a Global Perspective with a multidisciplinary approach SCOPE This journal specializes in studying the theory and practice of various topics of Islamic studies, specifically Islamic ...