Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan
Vol 3 No 2: Juni (2024)

Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn 3 Sesait Tahun Pelajaran 2023/3024

Faozin Nori (STKIP Hamzar Lombok Utara)
Lalu Habiburrahman (STKIP Hamzar Lombok Utara)
Nurhayati (STKIP Hamzar Lombok Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 3 Sesait tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sesait Dusun Batu Jompang Desa Sesait Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Sesait Tahun Pelajaran 2023/2024. Dengan jumlah 25 anak terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil tes belajar siswa pada prasiklus menunjukkan ada 10 siswa yang belum tuntas denga rata-rata nilai 54%. Sedangkan pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dimana terdapat 13 siswa yang yang mencapai KKM dimana perolehan nilai rata-rata 66,8%. Sedangkan pada siklus II terdapat 18 siswa yang mencapai KKM dengan persentase nilai ketuntasan 72%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajpp

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan atau di singkat dengan (AJPP) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian terbaru, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Psikologi, konseling, pendidikan secara umum. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (Ajpp) terbit 3 (tiga) ...