Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): Page: 1 - 2000

Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas V dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 182 Pekanbaru

Putri Ramadhani (Universitas Islam Riau)
Dea Mustika (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Kompetensi pedagogik guru adalahkemampuan yang dimiliki oleh seorang guru untuk mengelola proses pembelajaran secara efektif. Kompetensi pedagogik guru juga melibatkan kemampuan untuk memahami karakteristik dan kebutuhan siswa, serta mengelola interaksi sosial dalam kelas. Dengan kompetensi pedagogik yang baik, guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung perkembangan siswa secara optimal. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru kelas V dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri 182 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan Pendekatandeskriftif. Instrumen pengumpulan data penelitian wawancara, observasi dantelaah dokumentasi pada guru kelas V. Analisis data menggunakan metode Milles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalahStrategi dari Ayu Cahya Utami tentang strategi kompetensi pedagogik guru dalam impelementasi kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil penelitian, Strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru sudah terjalankan dengan baik namun belum sepenuhnya karena keterbatasan dan kondisi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...