EDUCATE : Journal of Education and Culture
Vol. 2 No. 02: Mei, 2024

Pendidikan Pelestarian Lingkungan dan Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Barang Ekonomis Bagi Anak Sekolah Dasar

Titania Mukti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ahyakudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sujai (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nurul Fadhilah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Pencemaran lingkungan akibat sampah plastik telah menjadi isu global. Sekolah menjadi salah satu tempat dengan produksi sampah plastik yang berasal dari kemasan makanan ringan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak saat jam istirahat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan pendidikan pelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomis bagi anak Sekolah Dasar Negeri Merak 1, Banten. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer didapatkan dari hasil observasi dan program pelatihan langsung. Metode pelatihan yang digunakan adalah model deduktif yang ditujukan pada anak-anak sekolah dasar (usia 7-12 tahun). Hasil pelatihan menunjukan bahwa program pelatihan pelestarian lingkungan dan daur ulang sampah plastik menjadi barang ekonomis mampu membimbing anak sekolah dasar untuk sadar akan membuang sampah di tempat yang telah disediakan dan diklasifikasikan menjadi sampah organik maupun sampah anorganik, kemudian anak-anak antusias dan mampu mempraktikan pembuatan ecobrik dan kerajinan tangan dari sampah plastik yang dapat dijadikan hiasan kelas, celengan, dan berbagai barang kerajinan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educate

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Editors accept theory-based and research articles. The scientific scope of this journal includes Education, Socio-cultural Anthropology, Literature, Applied Linguistics, History, Art, Architecture and Urban and Regional Planning, Religion and Philosophy. Articles can come from any of the following ...