Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 3 No. 1: Nopember 2023

PEMBELAJARAN IPS SD MELALUI KEGIATAN MARKET DAY GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH

Fatimah Azzahra (Unknown)
Tessalonika Reinhard Putri (Unknown)
Ziva Trevina Hendrick (Unknown)
Almira Chandra Lalita (Unknown)
Nadra Maulida (Unknown)
Arita Marini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini berguna untuk mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian kegiatan Marketday bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa.selain menumbuhkan kewirausahaan,kegiatan ini juga akan menumbuhkan life skill (keterampilan) pada peserta didik. penelitian inididasarkan pada perkembangan zaman yang menuntut setiap insan untuk terus berkembang danmemiliki life skill yang berguna di masa depan nanti. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan studi literatur (Library Research).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran ilmu pengetahuan sosial temakewirausahaan melalui market day meningkatkan kemampuan anak dalam berwirausaha secaramandiri, dimulai dari proses perencanaan sampai pelaksanaannya. Implementasi Kegiatanmarket day dalam mengembangkan entrepreneurship dilakukan dengan perencanaan,pelaksanaan serta penilaian. Pelaksanaan Kegiatan market day dalam mengembangkanentrepreneurship meliputi pra market day, saat market day serta pasca market day. Pelaksanaanentrepreneurship dapat mengembangkan aspek perkembangan kognitif,sosio-emosional, bahasa,dan fisik motorik anak dapat bertambah. Nilai - nilai entrepreneurship yang ditanamkan padaanak dengan kegiatan market day yaitu berani, percaya diri, mandiri, santun, menghargai, jujur,berorientasi pasar, berorientasi tugas, berorientasi hasil, disiplin, kooperatif, komunikatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...