Global Journal Basic Education
Vol 3 No 1 (2024): Februari

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Novita, Nirma (Unknown)
Latang, Latang (Unknown)
Nurhidayah, Nurhidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjadi solusi perbaikan dari masalah yang ditemukan oleh guru dalam pembelajaran yaitu kurangnya minat dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan prestasi belajar siswa tergolong cukup rendah. Kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga proses pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa menjadi bosan dan kurang berpartisipasi. Hal ini yang menjadi tujuan utama dari penelitian ini yakni upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres 12/79 Kampuno melalui model problem based learning. Penelitian ini terdiri dari dari tiga siklus yang dilakukan di SD Inpres 12/79 Kampuno, Desa Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 7 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 2 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian dan pembahasan maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres 12/79 Kampuno.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...