Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat penting dalam sistem pendidikan global. Keterampilan matematika memungkinkan siswa untuk lebih mudah memahami materi lain, karena matematika dianggap sebagai dasar ilmu pengetahuan. Tujuan umum matematika pada pendidikan dasar dan menengah adalah mempersiapkan siswa menghadapi perubahan kehidupan dan dunia yang terus berkembang serta menggunakan hasil belajar siswa, penelitian ini menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian tindakan kelas. Tercermin dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I (73,50) menjadi siklus II (86,72), dengan pertumbuhan persentase sebesar 37,45%. Selain itu, peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga mencerminkan efektivitas model CTL, menunjukkan bahwa pendekatan ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran. Penerapan metode CTL yang tidak hanya berhasil meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan tetapi juga dapat memperbaiki kualitas proses pembelajaran, melibatkan baik guru maupun siswa dalam pembelajaran dengan efektif.
Copyrights © 2024