Global Journal Basic Education
Vol 3 No 3 (2024): Agustus

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Mallombasi, Siti Fauziah (Unknown)
Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga (Unknown)
Hastuti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas VI SDI Bertingkat Mamajang II Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning disertai Metode Talking Stick untuk meningkatkan sikap hasil belajar peserta didik kelas VI SDI Bertingkat Mamajang II jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan. Tahap pelaksanaan. Tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI SDI Bertingkat Mamajang II yang aktif dengan jumlah peserta didik 28 orang yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil pelajar peserta didik dimana pada siklus I dengan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 75 % dan pada siklus II dengan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 89, 28 % dengan demikian terjadi peningkatan sebanyak 14 % dan telah mencapai target ketuntasan yaitu 85% maka dapat di simpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning disertai Metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDI Bertingkat Mamajang II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...