Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea 5 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa k kelas IV SD Inpres Tamalanrea 5 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 (empat) tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Setting penelitian ini adalah kelas IV SD Inpres Tamalanrea 5 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, sedangkan subjek penelitian ini adalah satu guru kelas dan 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Problem Based Learning hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea 5 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar meningkat.
Copyrights © 2024