Global Journal Basic Education
Vol 3 No 3 (2024): Agustus

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Alim, Nur (Unknown)
Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga (Unknown)
Imran, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran means ends analysis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika kelas IV UPT SPF SD Inpres Tallo Tua 2 Fokus dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran means ends analysis dan kemampuan berpikir kritis. Subjek dari UPT SPF SD Inpres Tallo Tua 2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means ends analysis yang terdiri dari 4 langkah, yaitu: 1) mengidentifikasi perbedaan keadaan awal dengan tujuan, 2) mengidentifikasi keadaan sekarang dengan tujuan 3), menyajikan permasalahan kedalam sub-sub tujuan 4), memilih cara atau solusi penyelesaian. Dari penerapan model tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran means ends analysis pada kelas IV mengalami peningkatan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model pembealajaran means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas IV UPT SPF SD Inpres Tallo Tua 2.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...