Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 8, No 2 (2023):

ANALISIS NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Survey Pada Pengguna MS Glow di Kota Sukabumi)

Putri, Amelia (Unknown)
Komariah, Kokom (Unknown)
Nurmala, Resa (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mediasi kepuasan pelanggan dalam hubungan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis cluster random sampling dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 150 pengguna MS Glow di Kota Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa MS Glow telah berhasil membangun nilai pelanggan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan yang baik bagi konsumen. Nilai pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 8,324, kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 9,742 dan kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 5,298. Maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan berperan sebagai mediator hubungan antara nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BUSSINESUHO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources. ...