Jurnal Farmasi Kryonaut
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Farmasi Kryonaut

PENGARUH EKSTRAK ETANOL 70% V/V DAGING BUAH PISANG RAJASERE (Musa paradisiaca var. sapientum (L.) kuntze) UNTUK MENURUNKAN ASAM URAT PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus)

Aisyah, Rizka (Unknown)
Putra, Ari Permana (Unknown)
Aldianysah, Aldianysah (Unknown)
Jerry, Jerry (Unknown)
Hidayat, Arif (Unknown)
Dewi, Luh Yesi Angga Natalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Asam urat adalah asam yang dihasilkan dari proses metabolisme berupa kristal purin di dalam tubuh manusia. Kadar asam urat normal dalam darah pria dewasa 3,5-7,2 mg/dl. Dan wanita 2,6-6,0 mg/dl. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol 70 % V/V daging buah pisang raja sere (musa paradisiaca var. sapientum (L.) kuntze) yang berpengaruh untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah mencit putih jantan (mus musculus). Dengan menggunakan desain penelitian eksperimental. Metode induksi hiperirusemia yang digunakan adalah induksi kafein pada dosis 3,78 mg/20 g BB. Setelah hewan uji hiperurisemia lalu dilakukan induksi menggunakan sampel ekstrak etanol 70 % daging buah pisang raja sere dan allopurinol sebagai sampel pembanding. Penelitian dilakukan dilaboratorium Farmakologi Institut Sains dan Teknologi Al-kamal Jakarta. Determinasi tumbuhan pisang raja sere berasal dari suku musaceae dan hewan uji menggunakan mencit putih jantan galur DDY (Deutche Denken Yoken) yang telah dipastikan identitasnya dan dinyatakan sehat. Pengujian ekstrak etanol 70 % V/V daging buah pisang raja sere meliputi uji fitokimia dan uji non spesifik. Senyawa kimia yang terkandung pada ekstrak etanol 70 % V/V daging buah pisang raja sere (musa paradisiaca var. sapientum (L.) kuntze) yang dapat menurunkan asam urat dalam darah mencit putih jantan (mus musculus) adalah flavonoid dan tanin. Dosis yang efektif untuk menurunkan asam urat dalam darah mencit putih jantan adalah dosis ke-3 dari ekstrak etanol 70 % daging buah pisang raja sere (musa paradisiaca var. sapientum (L.)kuntze) yaitu 5,2 mg/20 g BB sebesar 44 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jfk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology

Description

Focus And Scope Pharmacology And Toxicology Clinical Pharmacy Community Pharmacy Social Pharmacy Pharmaceutical Chemistry Pharmaceutical Biology Pharmacognosy Phytochemistry Microbiology Pharmacoepidemiology Pharmacoeconomics Biopharmaceutics Management And Pharmacy Practice Pharmaceutical Marketing ...