Hadirnya kurikulum merdeka sebagai bagian dari pembelajaran paradigma baru, dimana kurikulum Merdeka Belajar ialah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi tahapan dan problematika yang dialami dalam pembuatan perencanaan kurikulum merdeka di TK Negeri Kelapa Lima Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat problematika yang dialami guru saat menyiapkan perencanaan kurikulum merdeka yaitu keterbatasan guru dalam menganalisis alur tujuan pembelajaran, keterbatasan guru dalam menyiapkan pembelajaran yang kreatif dan berdiferensiasi, serta keterbatasan guru dalam mengembangkan modul ajar projek profil pancasila. Diskusi dan kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan orang tua menjadi solusi yang diberikan guru dalam mengatasi keterbatasan yang ada dalam proses perencanaan kurikulum merdeka. Kata Kunci: Problematika; Perencanaan; Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2023