Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 11, No 1 (2024): Januari

Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Aftilasyah, Wulan (Unknown)
Srigustini, Astri (Unknown)
Sartika, Sri Hardianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan model pembelajaran Discovery Learning  dengan media scarpbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk non-equivalent control grup design. Adapun populasi penelitian merupakan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya yang berjumlah 176 siswa, sedangkan sampel penelitian dengan teknik purpose sampling terdiri dari 35 siswa kelas XI IPS 2 (kelas kontrol) serta 34 siswa kelas XI IPS 1 (kelas experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional, dimana Ha diterima jika nilai Sig.(2-tailed) ≤ 5 % atau 0,05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model discovery learning dengan bantuan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...