Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1: April (2024)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual di Era Pandemi

Chairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi warisan, terutama dalam konteks pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan teknologi daring dalam penyajian materi dan interaksi dengan siswa. Data aktivitas belajar pada siklus pertama menunjukkan persentase partisipasi siswa sebesar 75%, 58%, 71%, 67%, 71%, dan 83%, sementara pada siklus kedua meningkat menjadi 83%, 71%, 92%, 96%, 96%, dan 96%. Selain itu, data hasil belajar siswa dari pre tes ke post tes pada siklus pertama menunjukkan peningkatan walaupun hasil tersebut belum dapat dikatakan berhasil. Hal ini disebabkan Tingkat KKM tidak terpenuhi. Selanjutnya pada siklus kedua, misalnya pada nomor soal 1 dari 37,5% menjadi 93,75%. Soal nomor 2 dari 12,5 menjadi 84,37. Soal nomor 3 dari 12,5 menjadi 87,5. Soal nomor 4 dari 9,37 menajdi 90,62 dan pada soal nomor 5 dari 9.37 menajdi 84,37. Hasil belajar ini menunjukkan keberhasilan siswa dalam memahami dan menganalisa materi warisan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terutama dalam konteks pembelajaran jarak jauh, penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi warisan di era pandemi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DIJPAI

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah ...