Kode : Jurnal Bahasa
Vol 12, No 4 (2023): Kode: Edisi Desember 2023

Implementasi Pembelajaran Hybrid Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 012 Balikpapan Barat

Prasetya, Kiftian Hady (Unknown)
Indriawati, Prita (Unknown)
Septika, Hety Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Fokus masalah penelitian ini berpusat pada penyelenggaraan pendidikan selama masa pandemi covid19 yang dilaksanakan secara daring (online). Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk memilih model pembelajaran yang sempurna. Berkenaan dengan rencana penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas saat ini, maka sekolah-sekolah disiapkan buat menerapkan model pembelajaran Hybrid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran guru dalam pembelajaran Hybrid, apa saja hambatan guru dalam proses menerapkannya, serta solusi guru dalam pembelajaran Hybrid di SD Negeri 012 Balikpapan Barat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan studi pustaka sebagai metode yang dipilih untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan ditemukan fakta bahwa peran guru dalam pembelajaran Hybrid di SD Negeri 012 Balikpapan Barat ditunjukkan dengan cara-cara yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Selain itu, dalam pembelajaran Hybrid di SD Negeri 012 Balikpapan Barat ditemukan bebarapa hambatan yakni guru tidak dapat mengajar secara daring dan luring sekaligus atau proses pembelajaran tidak dilakukan secara bersamaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...