Jurnal Ilmu Tarbiyah
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Tarbiyah

Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran PAI di SDIT 1 Daarussalaam Sangatta

Fitria, Nur Aidila (Unknown)
Julyanur, Muhammad Yoga (Unknown)
Hibatullah, Muhammad Zuhdi (Unknown)
Faelasup (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kemampuan suatu bangsa untuk maju sangat bergantung pada tingkat pendidikannya. Kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan dipengaruhi oleh seberapa baik kualitas pendidikan yang ada. Maka dari itu, guru memainkan peran penting guna memastikan keberhasilan pendidikan. Keterampilan guru dalam mengajar adalah kunci dalam menciptakan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan guna memahami keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT 1 Daarussalaam Sangatta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berjenis penelitian lapangan melalui pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyoroti pentingnya variasi dalam gaya mengajar, penggunaan media dan alat pembelajaran, serta pola komunikasi interaksi dengan peserta didik guna menghasilkan suasana belajar yang nyaman dan kondusif. Temuan menunjukkan bahwa variasi dalam pembelajaran memainkan peran kunci dalam memotivasi peserta didik dan guru memiliki andil penting dalam memastikan variasi tersebut melalui tiga komponen utama, khususnya pada pembelajaran PAI di SDIT 1 Daarussalaam, yaitu variasi dalam gaya mengajar yang dapat digunakan dengan mengembangkan metode pembelajaran yang sudah ada menjadi lebih variatif dan banyak melibatkan aktivitas bagi peserta didik, penggunaan media dan alat pembelajaran berbasis IT, serta pola komunikasi interaksi dengan peserta didik yang dapat dilakukan dengan komunikasi banyak arah. Variasi pembelajaran tidak hanya membuat kegiatan belajar mengajar lebih menarik tetapi juga memfasilitasi pemahaman yang lebih baik bagi peserta didik agar dapat meraih tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIT

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah is a periodic scientific journal published by the STIT Tanggamus. This journal specializes in the study of Islamic education and research. This journal invites scientists, scholars, professionals, and researchers in the field of Islamic education in the form of article ...