Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 15, No 2 (2024): APRIL 2024

Pengembangan Three Tier Test Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Materi Hukum Newton

Atsilah, Mutiara Basima (Unknown)
Suhadi, Suhadi (Unknown)
Putri, Jamiatul Khairunnisa (Unknown)
Mabruroh, Faizatul (Unknown)
Sugiarti, Sugiarti (Unknown)
Pebralia, Jesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Namun siswa sering mengalami pemahaman konsep yang berbeda dengan para fisikawan. Perbedaan pemahaman tersebut dapat memicu terjadi miskonsepsi, sehingga diperlukan upaya dan instrumen untuk mengukur miskonsepsi siswa yang biasa disebut tes diagnostik, salah satu diantaranya adalah berbentuk three  tier multiple choice. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi peserta didik pada materi hukum Newton di kelas X ipa SMA Negeri 15 OKU. Dengan menggunakan rancangan Borg and Gall tujuh tahapan. Subjek penelitian sebanyak 34 siswa kelas X IPA SMA Negeri 15 OKU. Reliabilitas soal yang dikembangkan sangat tinggi, artinya soal tes reliabel. Produk akhir terdiri dari 2 soal kategori mudah, 10 soal kategori sedang dan 4 soal kategori sukar. Soal tes memiliki tingkatanyang berbeda: 4 soal sukar, 12 soal sedang dan mudah 12% siswa yang mengalami miskonsepsi yang termasuk dalam kategori rendah, dengan miskonsepsi (false positive) sebesar 2.5%, miskonsepsi (false Negative) sebesar 3.1% dan Miskonsepsi 6.4% dengan miskonsepsi tertinggi terdapat pada soal nomor 4 sebanyak 11 siswa. Hasil uji validitas oleh tiga validator ahli menunjukkan validitas yang tinggi dengan rata-rata 4,45 dengan kriteria valid dari tiga ahli validasi. Setelah melakukan semua rangkaian tahapan penelitian adapun hasil dari penelitian ini mengidentifikasi miskonsepsi pada materi hukum Newton pada kelas X di SMA N 15 OKU sebesar 12% dalam kategori miskonsepsi rendah. Dengan adanya penelitian ini guru dapat mendiagnosis miskonsepsi yang dialami peserta didik lebih mendalam, menentukan materi yang memerlukan penekanan lebih saat pembelajaran, dan merencanakan pelajaran yang lebih baik untuk membantu mengurangi miskonsepsi peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...