E-JUPEKhu
Vol 12, No 2 (2024): In Press

Meningkatkan Keterampilan Membuat Bucket Snack pada Siswa Disabilitas Intelektual melalui Model Project Based Learning

Sari, Kartika (Unknown)
Triswandari, Retno (Unknown)
Ardisal, Ardisal (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)
Kusumastuti, Grahita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat bucket snack pada siswa disabilitas intelektual melalui model project based learning di kelas IX dan X SLB Negeri Kuala Tungkal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus mempunyai empat tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Project Based Learning (PJBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas praktis seperti pembuatan bucket snack. Siklus I dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil tindakan siklus I dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa telah meningkat dalam membuat buket snack. Namun peningkatan kemampuan ini belum maksimal dikarenakan siswa terlihat masih kaku dalam melipat kertasĀ  Peneliti dan guru sepakat melanjutkan tindakan ke siklus II untuk memaksimalkan kemampuan siswa membuat buket snack.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...