MALIH PEDDAS
Vol 13, No 1 (2023): Malih Peddas, Volume 13, Nomor 1

PENINGKATAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERMUATAN ETNOMATEMATIKA KELAS IV

Yuliani, Ayunda Fika (Unknown)
Kiptiyah, Siti Maryatul (Unknown)
Mayasari, Novira (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi berhitung salah satunya dengan penggunaan Pendidikan Matematika Realistik yang dipadukan dengan etnomatematika, yaitu konten yang melarang muatan budaya yang dikemas dalam masalah kontekstual yang terjadi pada kehidupan sekitar. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui penerapan Etnomatematika Pendidikan Matematika Realistik yang dibebankan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain model penelitian spiral/siklus Kemmis dan McTaggarrt melalui 2 siklus pembelajaran.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data hasil observasi kegiatan pelaksanaan pembelajaran, data hasil evaluasi peserta didik, dan dokumentasi. Data hasil evaluasi tes tersebut dianalisis dengan kriteria ketuntasan klasikal dan daya serap klasikal. Hasil penerapan RME bermuatan etnomatematika pada siklus I menunjukkan hasil ketuntasan klasikal 68,1% dengan daya serap klasikal sebesar 72,45%. Pada penelitian siklus II didapati hasil ketuntasan klasikal meningkat menjadi 83% dengan daya serap klasikal sebesar 81,9%. Proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sudah menunjukkan hasil yang Baik (B) dan Sangat Baik (SB) dalam semua indikator pengamatan pembelajaran.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan kemampuan literasi numerasi sebesar 23% dengan menerapkan Pendidikan Matematika Realistik bermuatan etnomatematika.

Copyrights © 2023