Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia
Vol. 4 No. 4 (2024): PERKUSI

Pengaruh Suasana Toko dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Zawid di Cipete Jakarta Selatan

Solihin, Dede (Unknown)
Efendi, Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suasana toko dan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid Cipete Jakarta Selatan. Metode yang digunakan kuantitatif. Populasi yang di dapat tidak terhingga. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus rao purba dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara suasana toko terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid, hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan linier sederhana Y= 1,503 + 1,087X1. Nilai korelasi sebesar 0,778. Nilai koefisien determinasi sebesar 60,6% dan nilai thitung > ttabel atau (12,014 > 1,986) dengan signifikan < 0,050 atau (0,050). Maka H01 ditolak dan Ha1 diterima menandakan bahwa suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid. Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara suasana toko terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid, hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier serderhana Y= 0.417 + 1,158X2. Nilai korelasi sebesar 0,866. Nilai koefisien deterninasi sebesar 75,0% dan nilai thitung > ttabel atau (16,787 > 1,986) dengan nilai signifikan < 0,050 atau (0,050). Maka H02 ditolak dan Ha2 diterima menandakan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara suasana toko dan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid, hal tersebut dapat dibuktikan dari dari perasamaan regresi berganda Y= -3,972 + 0,398X1 + 0,869X2. Nilai korelasi sebesar 0,886. Nilai koefisien determinasi sebesar 78,4%, dan nilai Serta nilai Fhitung 168,922 > Ftabel 3,940 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya secara simultan suasana toko dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPER

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal PERKUSI adalah jurnal yang fokusnya dan lingkupnya mempublikasikan artikel ilmiah tentang Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi ...